Rabu, 03 Desember 2014

RPP 1 (Bahasa Indonesia) Wajib



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah/Satuan Pendidikan    : SMA Negeri 8 Pontianak
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : X/Ganjil
Materi Pokok                          : Teks Eksposisi
Alokasi Waktu                        : 1 x 2 JP

A.    Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik, sesuai dengan bakat dan minat untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.3  Mensyukuri anugrah Tuhan akan keberadaan Bahasa Indonesia dan menggunakannnya dalam sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
2.5  Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik.
3.3  Menganalisis teks  teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
Indikator
3.3.1 Menentukan struktur teks eksposisi (dua teks) berdasarkan teks yang telah dicari peserta didik pada pertemuan sebelumnya .
4.4 Mengabstraksi teks teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
Indikator
4.4.1 Membuat teks eksposisi berdasarkan sudut pendang setuju dan tidak setuju terhadap tema yang diberikan (kewajiban memiliki buku cetak di selama mengikuti pembelajaran) dengan memperhatikan struktur teks eksposisi (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat).
4.3.2 Mencocokkan kelengkapan struktur teks yang telah dibuat dengan dua model contoh eksposisi yang telah dicari peserta didik pada pertemuan sebelumnya.

C.  Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui tahap mengamati berbagai fakta, menanya konsep, mencoba, mengasosiasi dan mengomunikasikan, peserta didik dapat:
1.      mensyukuri anugrah Tuhan akan keberadaan Bahasa Indonesia dan menggunakannnya dalam sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi,
2.      menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik,
3.      menentukan struktur teks eksposisi,
4.      menuliskan teks eksposisi berdasarkan sudut pandang pribadi peserta didik: kewajiban memiliki buku cetak di selama mengikuti pembelajaran (dengan memperhatikan memperhatikan struktur teks eksposisi (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat),
5.      mencocokkan kelengkapan struktur teks eksposisi yang telah dibuat sesuai dengan struktur tesis, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta
Teks eksposisi.
2. Konsep
2.1. Struktur teks eksposisi:
2.1.1 tesis,
2.1.2 argumentasi,
2.1.3 penegasan ulang pendapat.

3. Prinsip
3.1 Struktur teks eksposisi.

4. Prosedur
Struktur teks eksposisi.
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan                         : Saintifik
2. Metode pembelajaran          : Tanya Jawab dan Penugasan

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media: Power Point dan Teks Eksposisi.
2. Alat: LCD dan Laptop.
3. Sumber Pembelajaran:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1. Peserta didik merespon salam dari guru.
2. Peserta didik memberikan respon berkaitan dengan pembelajaran yang telah dilalui sebalumnya.
3. Peserta didik menerima informasi mengenai keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Peserta didik membentuk kelompok kecil bersama rekan satu mejanya.
6. Peserta didik dikondisikan berkelompok dalam kelompok belajarnya masing-masing.
10 menit
Inti
Mengamati
1. Peserta didik membaca teks eksposisi berjudul “Dampak Krisis Ekonomi”.
2. Peserta didik menentukan struktur teks eksposisi berjudul “Dampak Krisis Ekonomi”.
3. Peserta didik membacakan hasil kerja bersama kelompok kecil di depan kelas.

Menanya
3. Peserta didik bertanya mengenai struktur teks secara lisan.
4. Peserta didik lain memberikan tanggapan, jawaban, atau komentar.
5. Peserta didik bertanya mengenai istilah ataupun diksi yang belum mereka pahami.

Mencoba
6.Secara individu peserta didik menulis teks eksposisi berdasarkan kecenderungan persetujuan mereka terhadap tema yang diberikan.
7. Peserta didik mencocokkan teks yang dibuat bmenggunakan kriteria kelengkapan struktur teks eksposisi.

Mengasosiasi
8. Peserta didik menyimpulkan kegiatan menulis yang telah dilalui.

Mengomunikasikan
9. Peserta didik membacakan teks  eksposisi yang telah dibuat.
10. Peserta didik lain menanggapi pembacaan teks eksposisi rekan mereka sekaligus memberikan penilaian mengenai kelengkapan strktur teks yang dibacakan rekan mereka tersebut.
60 menit
Penutup
1. Peserta didik membuat kesimpulan mengenai analisis struktur teks eksposisi.
2. Peserta didik merefleksi pembelajaran yang telah dilalui.
10 Menit

H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
1.1 Kompetensi Sikap
Observasi
2. Kompetensi pengetahuan
2.1 Tes lisan
3. Kompetensi Keterampilan
Tes Praktik
2.  Bentuk dan Instrumen
Pengamatan Sikap
Observasi

No.

Aspek yang dinilai
Teknik
Penilaian
Waktu
Penilaian

Instrumen Penilaian
1.
Religius
Pengamatan
Proses
Lembar Pengamatan
2.
Jujur



3.
Peduli



4.
Santun



5.
Tanggung Jawab



6.
Proaktif



7.
Toleransi




LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semeter             : X/Ganjil
Kompetensi                 : Sikap
Materi                          : Teks Eksposisi
No.
Nama Siswa
Sikap Pribadi
Sikap Ilmiah
Jml Skor
Nilai


Religius
(Patuh sesuai aturan)
Tanggung Jawab
Santun
Jujur (mengerjakan sendiri tugas tanpa menyontek)
Proaktif dalam memberikan penilalaian
Toleransi terhadap pendapat teman


(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.
Abdullah








2.
Anang Maulana P.








3.
Arief  Rilo Pambudi








4.
Bayu Aji Saputra








5.
Bella Suci Mawarni








6.
Bella Yuliandri








7.
Chairul Rizal








8.
Della Dwi Amanda








9.
Dimas Tabah Restu P.








10.
Ega Puja Fitriani








11.
Faathimah Mutmainnah








12.
Fitra Andini








13.
Haris Sandi








14.
Gusti Rendra Setiawan








15.
Intan Dwi Septiarini








16.
Irdham Fahrureza








17.
Martina Zulvia Abdianti








18.
Maulana Muhammad Zaky








19.
Muhammad Andi








20.
Muhammad Farhandani








21.
Muhammad Fauzan








21.
Muhammad Qadry R.








23.
Nafisul Ichsan








24.
Rani Aprilisari Irrenawati








25.
Rezhi Fyanda








26.
Rianda








27.
Rima Zatul Buhti








28.
Sinta Eka Wulandari








29.
Siti Akbari F.








30.
Siti Riska Julianti S.








31.
Swastika Rhea Zivanka








32.
Venna Arzika Humaida








33.
Wahyu Fadhurachman








34.
Yani Saputri








35.
Masyithah








36.
Akmal Febriansyah




















Keterangan Pengisian Skor
4   Sangat Baik
3        Baik
2    Cukup
1   Kurang








b. Penilaian Hasil
1. Penilaian Pengetahuan
No.
Indikator Pencapaian
 Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen Penilaian
1.
Menentukan kelengkapan struktur teks eksposisi
Tes
Lisan
Uraian
Analisislah teks eksposisi berikut! Tentukanlah teks tersebut tergolong dalam teks eksposisi yang baik atau tidak.



b. Penilaian Keterampilan
No.
Indikator Pencapaian
 Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen Penilaian
2.










3.
Membuat teks eksposisi berdasarkan sudut pendang setuju dan tidak setuju terhadap tema yang diberikan dengan memperhatikan struktur teks eksposisi (tesis, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat).

Mencocokkan kelengkapan struktur teks yang telah dibuat dengan dua model contoh eksposisi yang telah diberikan
Tes
Tertulis









Tes Lisan
Uraian










Uraian
Buatlah sebuah teks eksposisi berdasarkan tingkat kecenderungan kesetujuan Anda! Perhatikan struktur teks eksposisi yang telah Anda pelajari dan terapkanlah dalam tulisan Anda!





Perhatikan rekan Anda mempresentasikan tulisannya! Buatlah penilaian mengenai kelengkapan struktur teks eksposisi yang dibuat rekan Anda!


c. Pedoman Penskoran


No.
Aspek yang Dinilai
Tingkat
Skor
Pengetahuan
1.
Peserta didik menentukan struktur teks eksposisi dengan benar dan sangat baik
AB
4
Peserta didik menentukan struktur teks eksposisi dengan benar dan  baik
B
3
Peserta didik menentukan struktur teks eksposisi dengan benar dan sedang
S
2
Peserta didik menentukan struktur teks eksposisi dengan kurang benar
K
1
Keterampilan
2.
Peserta didik menuliskan teks ekpsosisi dengan benar dan sangat baik
AB
4
Peserta didik menuliskan teks ekpsosisi dengan benar dan baik
B
3
Peserta didik menuliskan teks ekpsosisi dengan benar dan sedang
S
2
Peserta didik menuliskan teks ekpsosisi dengan kurang  benar
K
1


Keterangan:
Pengetahuan
Nilai

Keterampilan

Nilai







                                                                                                Pontianak, 21 November 2014
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran,                                                                          Mahasiswa PPL,




Endang Heryanti, S.Pd.                                                                      Anggi Windi Asih
NIP 19701216 199512 2 002                                                             NIM F11111023

























Lampiran: Kunci jawaban teks eksposisi dengan tema: kewajiban memiliki buku cetak di selama mengikuti pembelajaran!
Sudut Pandang Setuju:
Buku Cetak: Solusi Belajar Masa Kini
            Buku cetak sangat penting dalam menunjang ilmu pegetahuan. Melalui buku cetak, kita dapat mendapatkan berbagai informasi serta ilmu baru yang sangat berguna bagi proses pendidikan di sekolah dalam semua pelajaran. Buku cetak juga sangat memudahkan proses belajar di kelas apalagi jika semua siswa memiliki buku cetak secara pribadi.
            Keuntungan memiliki buku cetak pribadi sebagai berikut.
1.      Kita dapat belajar di rumah secara bebas tanpa meminjam.
Buku cetak yang dimiliki secara pribadi oleh siswa akan memudahkan siswa belajar kapanpun tanpa repot mengurus peminjaman buku. Belum lagi ancaman denda yang harus dibayar jika pengembalian buku terlambat.
2.      Proses pembelajaran berlangsung lebih mudah.
Buku cetak yang dimiliki oleh siswa akan mendukung proses pembelajaran yang lebih mudah karena siswa dapat membaca, mengerjakan pekerjaan rumah, mempersisapkan pembelajaran yang akan ditempuh secara berkelanjutan. Dengan memiliki buku cetak pribadi, siswa dapat lebih rajin mendalami pengetahuan dari buku cetak tersebut.
3.      Buku cetak yang dimiliki secara pribadi membantu proses belajar menjadi lebih cepat.
Hal ini dapat terlaksana karena buku paket tidak harus dipinjam, kemudian dikembalikan lagi. Pembelajaran akan berlangsung cepat karena siswa memiliki bekal pengetahuan yang sama dari rumah.
            Berdasarkan penjabaran di atas, sudah sebaiknya siswa memiliki buku cetak untuk setiap mata pelajaran yang ada di sekolah. Pengetahuan mengenai suatu teori yang baik akan mendukung proses pembelajaran di kelas menjadi lebih lancar.






Sisi Tidak Setuju:
Media Belajar Di Sekitar Kita
            Saat ini sumber belajar dapat ditemukan di banyak media. Kini, belajar tidak melulu didukung oleh buku cetak. Siswa juga dapat dengan lebih leluasa mengembangkan bahan pembelajaran apabila tidak dibatasi oeh kepemilikikan buku cetak.
            Berikut berbagai media pembelajaran yang banyak dijumpai dengan biaya yang relatif lebih murah.
1.      Internet
Sudah diketahui bersama bahwa internet merupakan sumber pembelajaran yang kini sangat mudah diakses. Dengan biaya yang relatif murah tersebut, bacaan yang tersedia di internet juga sangat banyak.
2.      Media Sosial
Berita baik di televisi dan berbagai harian yang terdapat di sebuah kota merupakan bahan diskusi yang selalu terbaharui. Setiap saat informasi dapat berubah dan dapat diakses hanya dengan menonton televisi atau membeli Koran yang harganya masih berada dikisaran Rp. 5000, 00, bahkan lebih murah lagi.
3.      Buku di perpustakaan
Semakin banyak membaca akan semakin menambah pengetahuan kita mengenai suatu hal. Apabila buku perpustakaan saja melimpah, dpat kita pinjam dengan mudah, mengapa masih harus menggantungkan informasi pada buku sebuah buku cetak yang kini harganya semakin melambung tinggi setalah kenaikanharga BBM?
Setelah sumber belajar yang banyak tersebut kita ketahui, menurut saya kita dapat belajar walaupun tidak memiliki buku cetak sendiri di rumah. Dengan memanfaatkan banyak media pembelajaran seperti di atas, kita juga dapat belajar tanpa dipengeruhi oleh isi buku cetak yang terkadang sudah tidak up-to date lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger